8 Langkah Cara Jualan Di Tiktok Shop Dengan Mudah

Bisnis sedang booming sekarang di TikTok. Ya, terutama untuk usaha kecil.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan dan masih terus bertambah, TikTok mungkin terkenal karena video pendek dan kegemarannya menari, tetapi telah lama dianggap sebagai sumber belanja. Ini telah menjadi platform perdagangan sosial yang membantu Kamu menjangkau jutaan pelanggan potensial dan menghasilkan penjualan untuk bisnis Kamu.

TikTok membuat belanja menjadi keren, menyenangkan, dan instan. TikTok memudahkan untuk mendorong penjualan pelanggan yang sudah ada, penemuan pelanggan baru, dan penemuan produk.

Kombinasi Belanja dan TikTok yang Kuat Menurut survei yang dilakukan oleh TikTok, 67% anggota komunitas mengatakan bahwa TikTok mendorong mereka untuk berbelanja meskipun mereka tidak bermaksud demikian. Studi yang sama juga menemukan bahwa orang 1,3x lebih mungkin merasa senang dengan pembelian yang dilakukan di TikTok dibandingkan dengan platform lain.

Untuk waktu yang lama, kemampuan TikTok untuk mempromosikan penjualan agak terbatas. Saat pengguna menemukan produk yang mereka sukai di aplikasi, mereka harus menemukan situs web secara manual dan membelinya.

Hari ini, TikTok Shop memungkinkan Kamu menyelesaikan pembelian ini dari dalam aplikasi. Ini tidak hanya akan mengubah corong penjualan Kamu, tetapi juga pengalaman belanja TikTok pelanggan Kamu.

Artikel ini menjelaskan cara berjualan di TikTok. Kamu juga akan mempelajari cara menyiapkan toko TikTok untuk mulai menggunakan TikTok untuk bisnis Kamu. Ayo mulai!

Apa itu toko TikTok?

TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan pengguna menelusuri dan membeli produk langsung dari video TikTok.

Diumumkan pada Agustus 2021 dan pertama kali diluncurkan secara terbatas di Inggris Raya, fitur toko TikTok saat ini masih dalam versi beta dan tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas. Ini akan diluncurkan lebih luas dalam waktu dekat.

Platform ini sudah menawarkan beberapa tingkat belanja dalam aplikasi, termasuk fitur Hashtag Challenge Plus yang memungkinkan merek untuk menjual produk yang ditampilkan dalam tantangan hashtag dan melakukan pembelian langsung dari aplikasi TikTok.

Tetapi dengan fitur toko TikTok, Kamu dapat menjual seluruh katalog Kamu di platform, baik itu beberapa barang atau lebih dari satu juta barang.

Siapa yang dapat menggunakan toko TikTok?

Semua orang bisa berbelanja di TikTok, tapi tidak ada yang bisa membuka toko TikTok. Kamu memerlukan akun TikTok untuk bisnis untuk menjual di Toko TikTok. Ini membutuhkan setidaknya 1000 pengikut.

TikTok Shop terintegrasi dengan katalog produk Shopify, Square, Ecwid, dan PrestaShop. Menurut situs web TikTok, Wix, SHOPLINE, OpenCart, dan BASE akan segera tersedia.

Mitra e-niaga memerlukan aplikasi atau plugin yang memungkinkan mereka mengunggah katalog langsung ke toko TikTok mereka. Berjualan di TikTok Shop akan sulit jika Kamu tidak memiliki platform ecommerce yang kompatibel.

Di manakah lokasi Toko TikTok?

Toko TikTok Kamu akan muncul di profil Kamu sebagai tab belanja yang ditandai dengan tas belanja. Toko TikTok juga tersedia di aplikasi TikTok dan situs web TikTok.

Cara menjual TikTok di toko TikTok Kamu dalam 8 langkah mudah

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mulai berjualan di TikTok.

Langkah 1: Pilih Produk untuk Dijual

Berjualan di TikTok harus dimulai dengan mempelajari platform, penggunanya, dan produk mana yang laris manis.

Periksa apakah target pasar Kamu ada di TikTok
Sebelum Kamu mulai menjual di TikTok, Kamu harus memeriksa apakah target pasar Kamu menggunakan platform tersebut. Saluran yang bagus untuk dijelajahi. Per Maret 2021, remaja merupakan seperempat dari pengguna TikTok di AS, dengan 22,4% dari mereka yang berusia 20-29 tahun.
Jika itu bukan target pasar Kamu, jangan mencoret TikTok dari daftar Kamu dulu.Sejumlah besar pengguna TikTok juga berusia antara 30-49 tahun.

Memutuskan produk mana yang akan dijual di TikTok
TikTok tidak memberikan daftar produk yang boleh dijual, tetapi menyediakan daftar produk yang dilarang. Jelajahi video trending teratas untuk melihat produk apa yang terbaik untuk platform. Kamu juga dapat melihat studi kasus bisnis yang sukses di TikTok dan menemukan ide produk dengan tagar #TikTokMadeMeBuyIt.

Belanja TikTok saat ini terbatas pada beberapa negara seperti AS dan Inggris. Jadi jika target pasar Kamu berada di luar area tersebut, mungkin tidak cocok. Jika Kamu ingin memanfaatkan jaringan media sosial sebagai saluran penjualan, cobalah berjualan di Instagram atau Facebook.

BACA JUGA  13 Cara Cepat FYP di TikTok Yang Bikin Kamu Menjadi Kreator Populer

Langkah 2: Siapkan akun TikTok Business Kamu

Setelah Kamu memutuskan apa yang ingin Kamu jual, mulailah menggunakan TikTok. Kamu dapat memulai dengan mengunjungi situs web atau mengunduh aplikasi TikTok dari Google Play atau App Store dan membuat akun TikTok.

Saat Kamu membuat akun TikTok, akun Kamu secara otomatis ditandai sebagai akun pribadi. Untuk mengakses toko TikTok, Kamu harus beralih ke akun bisnis.

Langkah 3: Buat profil Kamu

Jika Kamu bisa membuat krepJika Kamu telah membuat akun TikTok, Kamu harus mengoptimalkan profil Kamu sebelum dapat mulai berjualan di TikTok. Akun bisnis TikTok juga memungkinkan Kamu menautkan situs web, alamat email, dan akun media sosial Kamu. Beralih ke akun TikTok Business memungkinkan Kamu menambahkan detail ke profil Kamu, seperti video dan tautan eksternal ke bisnis Kamu.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan profil TikTok Kamu.

Jelaskan merek Kamu di bio Kamu
Bio TikTok Kamu harus memperkenalkan merek Kamu kepada audiens Kamu. Tetap pendek dan manis. Jelaskan secara singkat merek Kamu dan apa yang Kamu lakukan. Kamu dapat meningkatkan kemampuan pencarian Kamu di TikTok dengan memasukkan tagline dan kata kunci.

Gunakan Emoji
Ucapkan bahasa audiens Kamu saat membangun profil Kamu. Karena sebagian besar pengguna TikTok adalah Gen Z, milenial, dan orang yang lebih muda, penggunaan emoji meningkatkan konversi.

Gunakan Hashtag
Pembeli menggunakan tagar untuk mencari produk yang diminati. Jadi, menggunakan tagar yang tepat terbukti efektif dalam mendekatkan Kamu dengan pelanggan.

Tinggalkan tautan pembelian di profil TikTok Kamu
Jika pengguna tertarik dengan produk Kamu, mereka akan memeriksa profil Kamu. Hal pertama yang mereka lihat adalah latar belakang Kamu. Biografi TikTok yang mengesankan dengan CTA yang menarik akan membuat pengguna ingin mengklik tautan yang mereka tinggalkan di sana.

Langkah 4: Tautkan toko Kamu ke akun TikTok Kamu

Setelah mengoptimalkan profil Kamu, Kamu siap mendaftarkan produk Kamu atau menghubungkan toko e-niaga Kamu ke akun Kamu. Kamu dapat terhubung ke toko Shopify, BigCommerce, Square Online, atau Ecwid. TikTok menampilkan toko online Kamu di tab terpisah di sebelah konten profil Kamu. Kamu juga dapat menyinkronkan katalog produk Kamu untuk membuat etalase mini yang tertaut langsung ke toko online Kamu untuk checkout.

Langkah 5: Optimalkan toko online Kamu

Kamu dapat menemukan toko TikTok Kamu di tab Belanja di profil Kamu. Di situlah pembeli pergi, jadi katalog produk Kamu harus dioptimalkan untuk platform dan konten yang diharapkan pelanggan Kamu. Berikut cara mengoptimalkan toko TikTok Kamu:

Gunakan gambar produk yang menarik
Gambar produk harus menyerupai cara Kamu memasarkan merek Kamu di TikTok dan semua produk lainnya Pertahankan semua judul produk dalam batas 34 karakter

TikTok memiliki batas 34 karakter untuk judul produk. Sulit untuk mendapatkan di bawah batas ini saat mengunggah dari situs seperti Shopify yang mengizinkan karakter panjang dalam judul produk.

Saat meninjau daftar produk secara online, periksa kembali apakah judul Kamu berada di bawah batas karakter. Kamu dapat menggunakan deskripsi produk Kamu untuk memasukkan detail sebanyak mungkin. Tidak boleh berisi tautan.

Langkah 6: Buat Konten yang Melibatkan Pembeli

Sekarang setelah Kamu menghubungkan toko online Kamu ke akun TikTok Kamu, saatnya untuk berkreasi dan mempromosikan produk Kamu. Dengan membuat konten yang menarik yang akan mendorong audiens target Kamu untuk mengikuti Kamu dan meningkatkan kesadaran merek. , Kamu dapat melakukan ini.

Ini mungkin luar biasa pada awalnya, tetapi melihat tab Jelajahi di aplikasi TikTok atau menelusuri halaman Untuk Kamu akan menginspirasi Kamu. Jelajahi tren terkini, cari tahu jenis konten apa yang sedang tren di TikTok, dan cari kata kunci yang terkait dengan produk atau bisnis Kamu.

Berikut adalah beberapa ide konten TikTok untuk Kamu mulai.

  • Buat tantangan tagar bermerek Kamu sendiri dan dorong pengguna untuk berpartisipasi. Jadikan tagar mudah dan mudah diingat.
  • Buat video TikTok dengan musik/suara yang sedang tren.
  • Bagikan video instruksional atau tutorial. Cobalah melakukannya dalam format yang mudah dicerna.
  • Selenggarakan kontes.
  • Atur beberapa hadiah.

Salah satu tujuan membuat konten di TikTok adalah untuk mempromosikan banyak konten buatan pengguna (UGC). UGC mendorong kesadaran merek yang mengarah pada kepercayaan dan pada akhirnya mengarah pada penjualan.

Langkah 7: Berkolaborasi dengan influencer TikTok

Dibandingkan dengan platform seperti Instagram (3,86%) dan YouTube (1,63%), TikTok memiliki tingkat keterlibatan mikro-influencer 18%.

TikTok adalah platform yang berfokus pada kreator, jadi bermitra dengan influencer TikTok memberikan eksposur merek Kamu dan berfungsi sebagai bukti sosial. Pasar Pembuat TikTok membantu Kamu menemukan influencer untuk merek Kamu. Ada ratusan profil pembuat TikTok di platform ini, dan Kamu dapat memfilternya untuk menemukan profil yang sesuai dengan merek Kamu.

BACA JUGA  Cara Bergabung dengan Program Afiliasi Tiktok dan Cara Optimasinya

TikTok Creator Marketplace memberikan wawasan tentang audiens influencer. Ini termasuk perincian pemirsa, kinerja konten (penayangan, komentar, pembagian), grafik tren (pengikut dan keterlibatan), dan contoh pekerjaan.

Influencer adalah salah satu opsi periklanan terbaik di TikTok untuk banyak merek, termasuk merek teratas. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai.

  • Membuat program afiliasi dan menawarkan komisi kepada pemberi pengaruh dan pencipta sebagai imbalan atas konten.
  • Buat konten yang menarik, jual produk Kamu dengan cara viral di TikTok, dan biarkan pengguna TikTok bekerja untuk Kamu.
  • hubungi targetJelajahi cara untuk berkolaborasi dengan influencer.

Langkah 8: Manfaatkan Iklan TikTok

Seperti toko offline lainnya, Kamu perlu memberi tahu orang-orang saat toko Kamu buka. Untuk tujuan yang sama, TikTok menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat Kamu gunakan untuk menampilkan toko online Kamu kepada audiens target Kamu.

Beberapa dari iklan ini eksklusif untuk “merek terkelola” yang bekerja dengan tenaga penjualan iklan TikTok. Iklan Pengumpulan, Iklan Generasi Prospek, dan Iklan Showcase Dinamis tersedia untuk semua akun TikTok Business dan memungkinkan Kamu untuk menambahkan tautan produk.

Format iklan TikTok untuk dijual di TikTok
Kamu dapat beriklan di TikTok dalam format berikut:

video dalam umpan
Video native dalam feed ditampilkan sebelum video yang diupload pengguna dimulai. TikTok memberi pengguna opsi untuk melewati iklan. Jenis iklan TikTok ini dapat menyertakan tautan ke situs web atau unduhan aplikasi.

lensa merek
Mirip dengan filter Snapchat, lensa bermerek adalah filter realitas yang dapat digunakan pengguna di video TikTok mereka.

pengambilalihan merek
Iklan pengambilalihan merek muncul segera setelah pengguna membuka aplikasi. Mereka memenuhi seluruh layar dan biasanya dianimasikan. Hanya satu pengambilalihan merek per hari per kategori dan negara yang memungkinkan. Oleh karena itu mereka menjamin eksklusivitas.

iklan tampilan atas
Iklan tampilan teratas muncul di bagian atas halaman Untuk Kamu pengguna saat mereka membuka aplikasi TikTok untuk pertama kalinya. Jenis iklan ini memungkinkan iklan video berdurasi hingga 1 menit.

iklan koleksi
Dengan iklan ini, Kamu dapat menempatkan kartu produk di iklan dalam umpan sehingga ketika pengguna TikTok mengetuk item yang ditampilkan di kartu, mereka akan dikirim ke galeri atau halaman produk tempat mereka dapat membeli.

Iklan koleksi dapat digunakan untuk:

  • Tingkatkan lalu lintas ke toko e-niaga Kamu
  • Tawaran unggulan
  • Bagikan penawaran waktu terbatas
  • Pamerkan item teratas
  • Memfasilitasi peluncuran

iklan etalase dinamis

Iklan ini memungkinkan merek untuk secara otomatis mempromosikan ribuan produk dan iklan video yang dipersonalisasi. Jenis iklan ini merupakan jenis promosi sosial yang memungkinkan merek dengan portofolio produk besar untuk beriklan di TikTok.

Tantangan tagar merek
Jenis sponsor hashtag ini bertahan 3-6 hari dan muncul di tab Temukan. Kamu dapat mengundang komunitas TikTok untuk membuat video tentang topik Kamu dengan menjalankan tantangan tagar dan menambahkan tagar.

Misalnya, tantangan tagar #ButterGlossPop NYX menghasilkan lebih dari 2 juta video UGC dan juga meningkatkan kesadaran merek sebesar 42%.

iklan pembangkit prospek
Iklan TikTok untuk perolehan prospek memungkinkan merek menyediakan formulir yang mudah dan aman untuk iklan dalam umpan bagi pelanggan untuk membagikan informasi kontak mereka. Kamu dapat menggunakan ini untuk mempromosikan peluncuran Kamu dan membuat buzz tentang produk baru Kamu.

Belanja TikTok: Masa Depan Toko Online
Belanja berubah dengan cepat. Sulit dipercaya bahwa hanya 20 tahun yang lalu, kunjungan toko fisik adalah cara utama orang membeli produk. Dan hanya sepuluh tahun yang lalu, kegilaan Amazon mulai menghilangkan tren ini.

Dan hari ini, semuanya tentang menciptakan pengalaman berbelanja yang mulus langsung dari aplikasi media sosial seperti TikTok. TikTok telah menyadari hal ini selama beberapa waktu dan mencoba menaikkan levelnya dengan fitur Belanja TikTok. Apakah kamu siap?