Cara Daftar Shopee Food Mudah Anti Ribet

Menggunakan Pasar Makanan Shopee untuk berjualan saat ini sangatlah penting. Kamu tidak hanya bisa mendapatkan luasnya pasar, tetapi Kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan mendaftar di Shopee Food.

Apalagi di masa pandemi saat ini yang membuat masyarakat semakin enggan untuk keluar dan antre. Mereka pasti lebih suka memesan melalui aplikasi makanan toko. Meski masih dalam kategori baru dalam layanan pelanggan, namun sebenarnya tidak mengurangi animo masyarakat.

Bagi Kamu yang memiliki bisnis makanan dan berencana untuk menjual bisnis Kamu melalui Shopee Food, atau bahkan ingin menjadi driver Shopee Food. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini. Akan ada banyak informasi yang akan Kamu dapatkan, yang akan memudahkan Kamu untuk mendaftar di Shopee Food.

Cara Mendaftar Merchant Makanan Shopee

Padahal, informasi yang diberikan Shopee melalui laman Help.shopee.co.id sangat lengkap. Agar lebih jelas dan dapat anda pahami dengan lebih baik, dibawah ini akan kami jelaskan cara daftar Shopee Food untuk Merchant.

Shopee Food membedakan jenis merchant berdasarkan bisnis yang mereka jalankan. Jenis ini nantinya akan menentukan persyaratan yang harus Kamu lengkapi. Jadi syaratnya bisa berbeda antara satu penjual dengan penjual lainnya, karena mengikuti jenis pedagang.

Di bawah ini adalah persyaratan yang harus Kamu penuhi saat ingin mencari cara mendaftar Shopee Food dan mendaftar sebagai merchant.

1. Jenis kepemilikan perseorangan

1. KTP/KITAS

Sama seperti persyaratan pendaftaran di marketplace lain yang mensyaratkan penggunaan KTP/KITAS, Food Shopper juga memerlukan data pribadi Kamu untuk mengidentifikasi Kamu.

2. NPWPD

Kamu juga harus menyiapkan NPWPD terlebih dahulu. Kalau belum punya, buruan deh biar proses pendaftaran Shopee Food tidak terhambat.

3. Foto Buku Tabungan

Jangan lupa untuk mengambil foto buku akun Kamu saat ini. Kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan data buku tabungan Kamu. Jika Kamu mengunggah melalui situs web resmi Shopee, Kamu dapat yakin bahwa data Kamu disimpan dan dipelihara.

4. Foto Menu Andalanmu

Siapkan 5 gambar terbaik untuk daftar master Kamu (kondisi gambar: ukuran 720 x 720 piksel, format PNG/JPG/JPEG). Jangan lupa untuk menggunakan resolusi tinggi agar gambar yang Kamu gunakan dapat menghasilkan tampilan yang menarik bagi pelanggan.

Tidak jauh berbeda dengan syarat mendaftar Shopee Food dengan merchant perorangan. Kamu juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan sebagai cara mendaftar di Shopee Food untuk usaha yang berbadan hukum. Di bawah ini adalah persyaratan untuk melakukan bisnis dengan badan hukum.

2. Badan hukum

1.KTP/KITAS

KTP/KITAS adalah identitas yang telah teruji keabsahannya. Jadi tidak salah jika KTP diperlukan saat merchant mendaftar di toko. Jika Kamu memiliki KITAS, Kamu juga dapat mengunggahnya untuk mendaftar.

2. SIUP/TDUP

Sebagai perusahaan dengan kekuatan badan hukum yang terpercaya. Pastikan perusahaan yang akan Kamu daftarkan sudah memiliki SIUP/TDUP. Kamu juga wajib mengunggah dokumen ini sebagai bukti bahwa bisnis Kamu memiliki izin yang sah.

3. NPWP

Kamu juga harus menyiapkan dokumen ini sebagai bukti bahwa Kamu selalu aktif melakukan pembayaran pajak.

4. TDP/NIB

Jangan lupa tunjukkan TDP/NIB sebagai tanda bukti pendaftaran dan izin perusahaan.

5. Surat Keterangan Domisili

Sertifikasi ini biasanya diterapkan untuk wilayah di luar Jakarta.

6. Akta Pendirian

Sebagai perusahaan yang berbadan hukum, Kamu harus membuktikannya dengan menyiapkan Akta Pendirian untuk mengesahkannya.

7. NPWPD

Hampir seperti NPWP, Kamu juga harus menyiapkan NPWPD untuk pemeriksaan.

8.Salinan buku rekening

Sama seperti persyaratan dan cara mendaftar ke perusahaan perseorangan, Kamu juga harus mengunggah salinan buku tabungan. Pastikan gambar yang Kamu upload dapat terbaca oleh sistem, sehingga proses registrasi dapat segera tervalidasi.

9. 5 gambar menu utama

Ini adalah bagian penting yang akan menentukan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, persiapkan dengan baik gambar yang akan Kamu gunakan. Jika perlu, gunakan resolusi tinggi. Persyaratan untuk mencantumkan foto sama persis dengan persyaratan untuk masing-masing perusahaan.

Itulah beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk bisa mendaftar menjadi merchant Shopee Food. Lalu bagaimana cara daftar Shopee Food? Simak ulasan berikut ini agar tidak bingung dan bisa menyelesaikan pendaftaran dengan baik.

Langkah-langkah Pendaftaran Merchant Makanan Shopee

Jika semua persyaratan diatas sudah anda persiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran melalui halaman shopper. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar proses pendaftaran berjalan lancar.

  1. Isi formulir pendaftaran

Langkah pertama yang perlu Kamu lakukan saat mendaftar adalah dengan mengisi formulir yang disediakan di halaman https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant. _Daftar

  1. Masukkan alamat email dan nomor telepon Kamu

Jika Kamu masuk melalui halaman tersebut, jangan lupa untuk memasukkan alamat email dan nomor telepon Kamu. Pastikan alamat email dan nomor telepon yang Kamu masukkan sudah benar, agar pembeli lebih mudah menghubungi Kamu.

  1. Isi alamat atau lokasi usaha

Isi alamat dengan benar agar driver dapat dengan mudah menemukan alamat toko Kamu. Jangan bingung driver, yang dapat memperpanjang pekerjaan driver dan mengurangi layanan toko Kamu.

  1. Isi informasi pribadi dan jenis pekerjaan

Setelah mengisi alamat, langkah selanjutnya adalah mengisi informasi pribadi. Data yang dibutuhkan biasanya terkait dengan bisnis yang Kamu jalankan. Berikan informasi yang sebenarnya untuk memudahkan langkah selanjutnya.

  1. Isi formulir bisnis

Di sini biasanya akan ada beberapa pilihan, misalnya memilih makanan, rumah atau restoran. Kamu dapat menyesuaikan entri data sesuai dengan bentuk bisnis yang Kamu jalankan.

  1. Unggah gambar port

Dalam persyaratan yang telah dijelaskan tadi, Kamu diharuskan menyiapkan lima foto terbaik rumah Kamu. Kamu dapat mengunduh gambar di bagian ini. Pastikan gambar yang Kamu pilih beresolusi tinggi untuk menarik pelanggan.

  1. Menunggu konfirmasi

Tunggu konfirmasi dari Food Shopper melalui telepon atau email paling lambat 3 x 24 jam setelah pendaftaran.

  1. Formulir Shopee

Jika sudah menerima informasi melalui telepon atau email, langkah selanjutnya adalah menerima formulir dari Shopee. Formulir tersebut berisi dokumen lengkap dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang harus Kamu setujui.

  1. Pemrosesan dokumen

Setelah mendapatkan formulir dokumen lengkap. Siapkan dokumen yang diperlukan dalam formulir di tempat. Jika sudah siap, Kamu dapat mengirimkannya kembali melalui email.

  1. Koreksi dokumen

Jika Kamu sudah melakukan submit dokumen, maka tim shopper akan mengecek kebenaran dan kelengkapan dokumen yang Kamu submit. Jika dokumen yang Kamu kirimkan dianggap lengkap dan sesuai, tim pembelanja akan memberikan proses tindak lanjut.

  1. Pemeriksaan berkala

Memeriksa dokumen yang Kamu serahkan, butuh waktu lama. Paling lambat, tim pembelanja akan menghubungi Kamu untuk menindaklanjuti pendaftaran 20 hari setelah Kamu mengirimkan dokumen. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin.